Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Unmas Denpasar Berikan Edukasi dan Pengembangan Tanaman Biofarmaka di SD Negeri 1 Batuaji, Tabanan

TABANAN, diaribali.com – Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat UNMAS Denpasar di Desa Batuaji menyelenggarakan kegiatan edukasi dan pengembangan tanaman biofarmaka di pekarangan SD Negeri 1 Batuaji dengan sasaran siswa kelas 4 dan 5 dengan jumlah 26 siswa.  Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 minggu, dimulai pada tanggal 13 – 27 Agustus 2022.

Program tersebut disusun dan dilaksanakan oleh kelompok Pengabdian kepada Masyarakat dari mahasiswa yaitu I Wayan Jagadhita Utama Putra dan Ni Kadek Agung Sari Restiti. Kedua mahasiswa berasal dari program studi yang sama yaitu program studi S1 Farmasi.

Pelaksanaan program ini bertujuan untuk mengenalkan jenis serta manfaat dari tanaman biofarmaka atau yang lebih dikenal dengan istilah tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) melalui penyuluhan dan demonstrasi pembuatan jamu kunyit asam dan beras kencur. Selain itu, program ini bertujuan untuk membangun kepekaan siswa dalam merawat lingkungan khususnya merawat kebun biofarmaka yang dibuat.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Batuaji, I Gusti Nyoman Darma Wijaya, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNMAS Denpasar dikarenakan kegiatan tersebut berkaitan dengan konsep Tri Hita Karana (palemahan) yang diajarkan kepada siswa.

Senada dengan kepala sekolah, I Gede Adi Sumerta (wali kelas 4) dan Dewa Gede Widya Surya Pratama (wali kelas 5) sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan karena siswa sangat antusias dalam menerima informasi terkait tanaman biofarmaka serta cara pemanfaatannya. (rl/van)