Prodi Magister Akuntansi FEB Unmas Denpasar Sasar BUMDes dalam Pengabdian Masyarakat

Foto : Tim pengabdian masyarakat Prodi Magister Akuntansi FEB Unmas Denpasar mendampingi dalam penyusunan laporan keuangan Bumdes Kukuh Winangun, Minggu (9/6/2024)
Bagikan

TABANAN, diaribali.com Dalam upaya meningkatkan pemahaman pengelola BUMDes terhadap penyajian laporan keuangan, Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar (FEB Unmas) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bekerjasama dengan BUMDes Kukuh Winangun, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

Dalam kesempatan ini, tim pengabdian Prodi Magister Akuntansi FEB Unmas Denpasar melakukan kegiatan penyuluhan dan pendampingan terkait penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dilakukan pada Minggu 09 Juni 2024.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan kolaborasi dosen dan mahasiswa Prodi Magister Akuntansi. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan II FEB Unmas Denpasar, Dr. I Gede Cahyadi Putra, S.E. M.Si., Ak., CA. CSRA yang menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini mendorong perguruan tinggi untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga mendorong kepekaan civitas akademika untuk memberikan solusi atas permasalahan sosial ekonomi yang terjadi di masyarakat.

Terdapat dua narasumber pada kegiatan ini. Narasumber pertama adalah Dr. Ni Wayan Rustiarini, S.E., M.Si., Ak., CA. selaku dosen Program Studi Magister Akuntansi yang menyampaikan materi terkait penyuluhan Akuntansi BUMDes dan tata cara pencatatan transaksi BUMDes yang benar sesuai peraturan.

Materi kedua terkait dengan pendampingan penyusunan laporan keuangan BUMDes dan tata cara penggunaan aplikasi secara digital menggunakan bantuan komputer yang diatur dalam Keputusan Menteri Desa (Kepmendesa) Nomor 136 Tahun 2022 disampaikan oleh Ni Putu Lion Budanti selaku mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi.

Ketua Program Studi Magister Akuntansi, Dr. Ni Wayan Rustiarini, S.E., M.Si., Ak., CA. menyatakan bahwa BUMDes merupakan lembaga mikro yang berperan penting dalam kegiatan desa untuk menunjang kesejahteraan masyarakat desa.

“Penyajian laporan keuangan hendaknya memenuhi karakteristik laporan keuangan sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan Keputusan” kata Rustiarini melalui keterangan tertulis, Rabu (12/6/2024).

Laporan keuangan yang andal dan akuntabel, menurutnya menjadi dasar untuk mengembangkan unit-unit usaha yang baru sehingga dapat menunjang kesejahteraan masyarakat Desa Kukuh di masa mendatang.

Untuk diketahui, BUMDes merupakan badan hukum yang didirikan oleh Desa dan/atau bersama Desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

BUMDes Kukuh Winangun yang berlokasi di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan merupakan salah satu BUMDes yang melaksanakan unit usaha bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum berbadan hukum yang melaksanakan fungsi dan tujuan BUMDes.

Selain melakukan kegiatan usaha, BUMDes diwajibkan untuk menyusun laporan keuangan minimal 1 tahun sekali. Laporan keuangan yang disusun harus mencatat semua transaksi yang terjadi di BUMDes dan unit usahanya.

Laporan keuangan disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi dan peristiwa lain dalam keadaan serupa berdasarkan peraturan yang diatur dalam Kepmendesa No. 136 Tahun 2022. (VAN)