Pengabdian Masyarakat di Desa Kerambitan, Wujud Kepedulian Himasa Unmas Denpasar

Foto bersama usai kegiatan penyuluhan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kerambitan, Jumat (22/4/2022).
Bagikan

TABANAN, diaribali.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (Himasa) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar bersama Ikatan Alumni Akuntansi Mahasaraswati menggelar Pengabdian Masyarakat di Desa Kerambitan, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan ini mengusung tema “Merangkul Dan Memotivasi Masyarakat Untuk Bertahan Di Pasca Pandemi”.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini, melibatkan perwakilan mahasiswa Prodi Akuntansi yang tergabung dalam Himasa tersebut. Demikian disampaikan Pembina Himasa Ni Nyoman Ayu Suryandari, SE., M.Si., Ak., CA

Ia merinci sasaran kegiatan ini yakni Rumah Tangga Miskin (RTM), dimana dengan memberikan penyuluhan dan bantuan berupa uang tunai, dan sembako kepada rumah tangga miskin tersebut. Adapun Rumah Tangga Miskin yang di hadirkan sebanyak 15 orang Rumah Tangga Miskin.

“Kondisi pandemi COVID-19 menjadi tambahan penderitaan saudara-saudara kita yang terdampak musibah, terutama dalam pemenuhan kebutuhan primer. Pengabdian masyarakat ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian atau rasa kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah dengan harapan dapat turut serta meringankan beban mereka.” kata Ayu Suryandari.

Adapun narasumber pada kegiatan ini yang memimpin penyuluhan kepada RTM, yaitu Luh Kalpika Jyunda Aryputri Suardyana sebagai Koordinator Bidang Pembelajaran dan Merdeka Belajar HIMASA Unmas Denpasar serta I Dewa Made Endiana, SE., M.Si., Ak., CA., CRM yang juga selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi Unmas Denpasar.

Rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan realisasi perjanjian kerjasama antara Prodi Akuntansi dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Unmas Denpasar dengan Pemerintah Desa Kerambitan serta diterbitkannya Hak Kekayaan Intelektual.

“Perjanjian kerjasama ini guna untuk melakukan pengabdian masyarakat pada tahun akademik mendatang antara pihak kami dengan pemerintah Desa Kerambitan” tegasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Kerambitan, Anak Agung Mayun Widiadnyana menyampaikan terima kasih kepada pihak FEB Unmas Denpasar atas dipilihnya desa ini sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini dan pengabdian masyarakat untuk kedepannya.

Dia mengaku, kegiatan yang dilakukan mahasiswa Unmas tersebut memberikan banyak manfaat bagi pemberdayaan masyarakat desa. (rl/van)