Fishum UNR Tekankan Pentingnya Memiliki Dokumen Kependudukan

FOTO: PENGABDIAN kepada Masyarakat Fishum UNR di Dusun Mekarsari, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar.

DENPASAR, diaribali.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Ngurah Rai (Fishum UNR) yang mengelola Program Studi Administrasi Publik terus menggaungkan pentingnya memiliki dokumen kependudukan.

Dokumen tersebut meliputi, KTP, KK hingga berbagai jenis akta. Demikian dikatakan dua narasumber sekaligus dosen Fishum UNR I Nyoman Suargita, S.Sos., MAP., dan I Kadek Dede Junaedy, S.IP., MAP., kepada warga Dusun Mekarsari, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Minggu (11/6/2023).

Sosialisasi bertema “Pentingnya Dokumen Kependudukan” itu merupakan implementasi kerja sama antara Dekan Fishum UNR, Perbekel Dauh Puri Kaja dan LSM Bali Sruti.

Menurut Suargita, dokumen kependudukan berpengaruh terhadap kebijakan anggaran pemerintah, terutama di bidang sosial.

“Jadi jangan sampai bapak/ibu tidak punya yang namanya KTP, akte kelahiran dan sebagainya. Nanti bisa kehilangan hak sebagai warga negara,” kata Suargita mengingatkan.

Dokumen kependudukan, lanjut dia, berkaitan dengan data. Misalnya ada warga miskin yang semestinya berhak menerima bantuan sosial tapi tidak bisa disalurkan karena tidak terdata sebagai penerima.

Sementara itu, Dede Junaedy menambahkan, mengurus dokumen kependudukan semakin mudah dengan bantuan teknologi informasi yang sangat pesat, tanpa harus antre di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Apalagi saat ini sudah terbentuk Sekolah Perempuan Srikandi yang bisa dimanfaatkan Warga Dauh Puri Kaja meminta bantuan, khususnya bagi warga yang dokumen kependudukannya belum lengkap.

Pengabdian yang melibatkan juga sejumlah mahasiswa itu, diakhiri dengan cek kesehatan gratis dan pemberian suplemen. (TUM)